Tips

Tips Sukses Membuka Usaha Bar, Yuk Simak Baik – Baik!

Jika kalian mempunyai bar, pub, atau klib malam, pasti ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Hal ini mungkin membuat kalian menjadi sibuk.

Saat membuka bar, kalian juga harus memastikan persediaan makanan serta minuman kalian sampai saat ini. minuman yang lezat harus tersedia dan terorganisir untuk diberikan ke pada pelanggan serta untuk menarik pelanggan.

Nah, untuk kalian yang mungkin baru saja membuka bar atau baru mau membuka bar, di bawah ini ada beberapa tips dan hal yang harus kalian perhatikan.

 

1.Pastikan Persediaan di Bar Selalu Cukup

Pastikan Persediaan di Bar Selalu Cukup

Persediaan yang selalu cukup artinya tidak hanya memastikan kulkas penuh terisi beer, alkohol, atau wine. Kalian juga harus melacak jenis minuman apa saja yang diminum oleh pelanggan dan jenis alkohol apa yang paling sering digunakan.

Hal ini akan membantu kalian dalam menetapkan pemesanan barang, jadi kalian bisa menghemat biaya lebih banyak untuk tidak membeli alkohol yang tidak terlalu banyak dipesan, dan pastikan bar kalian terisi dengan alkohol yang paling populer.

Tidak hanya mengisi bar dengan minuman, kalian juga harus memastikan barang berikut ini ada di dalam bar kalian:

  • Sedotan dan pengaduk
  • Bar napkins
  • Gelas
  • Gelas untuk mixing
  • Shaker dan saringan cocktail
  • Liquor pourers
  • Cocktail mixes
  • Garnishes

 

2.Ukur Jumlah Alkohol untuk Menghindari Penuangan Alkohol yang Terlalu Banyak

Ukur Jumlah Alkohol untuk Menghindari Penuangan Alkohol yang Terlalu Banyak

Jika kalian terlalu sering menuang alkohol terlalu banyak ke dalam gelas, kalian bisa rugi jutaan rupiah dalam jangka panjang.

Untungnya, ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengukur takaran alkohol yang harus dituang agar kalian tidak membuang-buang alkohol secara cuma-cuma karena kelebihan menuangnya. Berikut beberapa caranya:

  • Menggunakan pengukur. Tuangkan alkohol ke gelas pengukur agar kalian dapat memperkirakan porsi dan mencegah alkohol tumpah dan terbuang.
  • Ajarkan bartender untuk menggunakan jiggers saat membuat cocktail. Dengan menggunakan jiggers, cocktail tidak akan tumpah percuma dan pelanggan pun akan merasakan minuman yang volumenya konsisten setiap saat.
  • Gunakan gelas yang tepat. Menggunakan gelas yang tepat juga bisa akan membantu mengurangi risiko alkohol tumpah dan terbuang sia-sia. Gunakanlah gelas dengan bagian dasar yang tebal sehingga kalian tidak perlu menuang terlalu banyak cairan untuk mengisi penuh gelas tersebut. Ini Akan menghemat waktu dan biaya.

Tips ini tentunya tidak hanya akan membantu kalian mengurangi jumlah alkohol yang terbuang di bar kalian, tapi juga akan membuat pelanggan senang karena kalian selalu memberikan minuman dengan volume yang sama setiap saat.

 

3.Ciptakan Signature Cocktail

Ciptakan Signature Cocktail

Biasanya banyak pelanggan yang memesan minuman populer seperti Old Fashioned atau rum and coke. Tidak ada salahnya untuk menciptakan minuman unik yang akan membuat bar kalian lebih unggul dibandingkan bar lainnya.

Jika kalian membuat minuman sendiri untuk bar, kalian bisa membanderolnya dengan harga yang lebih tinggi dari minuman biasa. Ini jelas akan meningkatkan keuntungan kalian.

Saat menciptakan minuman baru, kalian harus mempertimbangkan target demografis dan selera mereka terlebih dahulu.

Misalnya, jika kalian membuka bar di daerah dekat perguruan tinggi dan memiliki banyak pelanggan di usia 20an, kalian mungkin tertarik untuk menciptakan minuman keras, seperti rum, vodka, dan tequila.

Namun, jika bar kalian selalu dipenuhi dengan pelanggan lama, pelanggan kalian mungkin lebih memilih minuman dengan whiskey atau bourbon.

Saat membuka bar, kalian juga harus mengikuti tren minuman terkini dan menawarkan pelanggan minuman baru, seperti vodka dengan infused rasa fruity atau spiced. Kalian juga bisa membuat cocktail kalian lebih menarik dengan menambahkan garnish, seperti  buah dan lain sebagainya.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan jika kalian saat ini baru saja membuka bar atau baru ingin membuka bar kalian sendiri.

Pastikan kalian juga melakukan promosi yang cukup untuk menarik pelanggan ya. Jangan lupa juga untuk merekrut karyawan dan bartender yang tepat dan melatih mereka agar bar kalian berjalan baik. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian calon pemilik bar.

Anda mungkin juga suka...